Laporan Membaca III
Resensi Buku Teori Perkembangan Peserta Didik
Identitas Buku
Judu Buku : Teori Perkembangan Peserta Didik
Penulis : Dr. H. Oding Supriadi, M.Pd.
Editor : Dr. H. Undang Ruslan Wahyudin,M.M.,M.Pd.
Sampul & Layout : Omah Desain
ISBN : 978-602-5452-88-8
Penerbit : LaksBang PRESSindo, Yogyakarta
Tahun terbit : Desember 2009
Jumlah halaman : X + 245 Halaman
Jenis cover : Soft Cover
Isi Buku
Psikologi perkembangan merupakan cabang dari psikologi. Secara etimologi, psikologi (psychology) berasal dari bahasa Yunani dari kata psycho yang berarti roh, jiwa ( daya hidup) dan logos yang berarti ilmu, jadi psikologi secara harfiah berarti”ilmu jiwa” atau ilmu yang mempelajari gejala-gejala jiwa.
Teori Asosiasi yaitu teori yang memandang pertumbuhan merupakan perubahan terhadap seseorang secara bertahap karena pengaruh dari pengalaman atau empirik atau kenyataan luar (lingkungan), melalui panca indera yang menimbulkan perasaan (sensation) maupun pengalaman mengenai keamanan batin sendiri yang menimbulkan refleksi (reflection). Teori ini dikembangkan oleh Crow & Crow (1958)
Teori Psikologi Gestalt, teori yang memandang pertumbuhan sebagai proses perubahan secara perlahan-lahan pada manusia dalam mengenal sesuatu secara keseluruhan, baru kemudian mengenal bagian-bagian dari lingkungan yang ada.
Teori Sosiologi mengartikan pertumbuhan sebagai proses sosialisasi, yaitu proses perubahan dari sifat yang semula asosial maupun sosial kemudian tahap demi tahap disosialisasikan.
Kelebihan Buku
Buku ini sangat bagus dan lengkap, selain itu buku ini juga banyak membahas teori-teori seputar perkembangan psikologi peserta didik beserta contoh dan cara pembuktian nya.
Kekurangan Buku
Kekurangan yang ada di buku ini adalah dalam penulisannya ada beberapa kalimat yang tidak menggunakan spasi. Sehingga agak membingungkan ketika membaca nya.
Ulasan Singkat
Buku Teori Perkembangan Peserta Didik yang di tulis oleh Dr. H. Oding Supriadi, M.Pd. ini sangat bermanfaat terutama bagi calon pendidik. Buku ini bisa dijadikan sebagai panduan bagaimana cara menghadapi psikologi peserta didik.
Komentar